Neraca Lajur Akuntansi
Neraca Lajur
PENGERTIAN
Neraca
lajur adalah suatu kertas
berkolom-kolom(berlajur-lajur) yang dirancang untuk menghimpun semua data
akuntansi yang dibutuhkan pada saat perusahaan akan menyusun laporan-laporan
keuangan dengan cara yang sistematis. Neraca lajur biasa disebut kertas
kerja(work sheet). Neraca lajur sebenarnya bukan bagian dari catatan-catatan
akuntansi yang formal.
Neraca lajur sangat bermanfaat untuk
memeriksa data yang akan disajikan dalam laporan keuangan. Dalam neraca lajur,
saldo akun-akun buku besar disesuaikan,diseimbangkan dan disusun menurut
cara-cara yang sesuai dengan penyusunan akun-akun dalam laporan keuangan.
Neraca lajur bukan laporan keuangan.
Oleh karena itu neraca lajur tidak perlu dipublikasikan pada pihak luar. Neraca
lajur tidak dapat menggantikan kedudukan catatan-catatan akuntansi atau
laporan-laporan keuangan, melainkan semata-mata hanya merupakan alat pembantu
untuk menyusun laporan keuangan.
Tujuan pembuatan neraca lajur:
1.
Untuk memudahkan penyusunan laporan keuangan
2.
Untuk menggolongkan dan meringkas informasi dari neraca saldo dan data
penyesuaian sehingga merupakan persiapan sebelum disusun laporan keuanganyang formal.
3.
Untuk mempermudah menemukan kesalahan yang mungkin dilakukan dalam
membuat jurnal penyesuaian
Penyusunan neraca lajur
Penyusunan neraca lajur dimulai
dari neraca saldo sebelum diadakan penyesuaian dan kemudian dengan memasukkan
data-data penyesuaian dapatlah ditentukan data-data yang akan dicantumkan dalam
laporan keuangan. Neraca lajur tersebut haruslah disusun berkolom-kolom dan
untuk perusahaan dagang atau jasa biasanya terdiri dari 4 kolom yaitu :
- Kolom neraca saldo yang terdiri dari kolom D dan K
- Kolom adjustment yang terdiri dri kolom D dan K
- Kolom rugi laba yang terdiri dari kolom D dan K
- Kolom neraca akhir yang terdiri dari kolom D dan K
Adapun prosedur yang harus dilaksanakan dalam penyusunan neraca lajur sebagai berikut :
- Nama perusahaan, Neraca Lajur dan Periode penyusunan ditulis di
tengah atas.
- Mengisi kolom keterangan untuk nama akun-akun.
- Menyiapkan neraca saldo pada kertas kerja dengan memasukkan
angka-angka dari setiap saldo akun yang ada di buku besar dan dijumlahkan
dari akun pada neraca saldo ke kolom 1 sebelah debit dan ke 2 sebelah
kredit.
- Menyiapkan penyesuaian dalam kolom penyesuaian dengan
memasukkan angka-angka dari jurnal penyesuaian pada kolom penyesuaian.
Kolom ke 3 sebelah debit, ke 4 sebelah kredit dan setiap kolom
dijumlahkan. Kita perlu mengingat bahwa penyesuaian
tidaklah dijurnal hingga kertas kerja selesai diselesaikan dan laporan keuangan telah disiapkan.
Langkah terakhir adalah menjumlahkan
kembali kolom rugi-laba dan kolom-kolom neraca. jumlah sisi debit dan jumlah
sisi kredit kedua kolom tersebut harus sama.
Alasan dimasukkannya laba bersih
dalam sisi kredit kolom neraca adalah karena laba mengakibatkan modal
bertambah. Apabila jumlah debit kolom neraca tidak sama dengan jumlah
sisi kreditnya, maka hal ini berarti bahwa dalam pembuatan neraca lajur
tersebut telah terjadi kesalahan.
Seandainya jumlah sisi debit kolom
rugi-laba > jumlah sisi kreditnya, maka selisih kedua sisi tersebut
menunjukkan rugi bersih.Jumlah rugi bersih tersebut dimasukkan kedalam
sisi kredit kolom rugi-laba sebagai angka pengimbang, dan pada baris
yang sama juga dimasukkan pada sisi debit kolom neraca, sehingga jumlah
kedua sisi dari kolom rugi-laba dan kolom neraca akan seimbang.
Software Akuntansi Murah
neraca :
Mengapa neraca pembayaran selalu seimbang walaupun neraca perdagangan tidak selalu seimbang ?